Cara Ampuh Mengaplikasikan Cat Tembok yang Bagus dan Tahan Lama

Trik Memoleskan Cat Tembok yang Bagus dan Tahan Lama Agar Hasilnya Maksimal

Cat rumah selain dapat mempercantik bangunan juga dapat melindungi bangunan Anda dari kerusakan. Ada banyak pilihan merk dan produk cat dengan formulasi pelindung yang sangat baik. Salah satu merk cat tembok yang bagus dan tahan lama yang menarik adalah cat tembok Vinilex atau cat tembok Mowilex.

Apapun pilihan merk yang membuat Anda tertarik, jika cat tersebut tidak digunakan dengan benar, hasil cat Anda tentu tidak akan berkualitas. Otomatis hal ini akan mengganggu performa cat yang Anda gunakan. Supaya Anda lebih mengerti Anda bisa simak informasinya di bawah ini.

 

1. Bersihkan Dinding yang akan Dicat

Proses pengecatan harus diawali dengan pembersihan. Pastikan sebelum Anda benar-benar mulai mengecat, Anda memeriksa keadaan dinding Anda untuk melihat permukaannya. Cat dapat tertempel dengan baik jika dinding dalam keadaan kering, bersih dan tidak da kotoran tertempel di dinding.

Kotoran yang ada pada dinding dapat membuat cat tidak tertempel dengan baik. Kelalaian Anda dalam membersihkan dinding dapat berdampak pada pengelupasan cat dalam beberapa permainan. Dengan begitu, cat Anda tidak akan mudah rusak.

 

2. Ketahui Campuran Adukan Dinding

Cara lain untuk mendapatkan cat tembok yang bagus dan tahan lama. Anda perlu mengetahui hal mendasar seperti komposisi adukan antara semen dan pasir. Penggunaan rasio yang tepat dapat menjaga dinding dan supaya tidak mudah rusak dan mengalami keretakan.

 

3. Pilih Cat Khusus Eksterior untuk Bagian Luar Rumah Anda

Cat ada yang digunakan khusus untuk ruangan dalam rumah dan ada yang dibuat untuk cat luar ruangan. Bagi Anda yang ingin mengecat bagian luar dinding rumah Anda. Sebaiknya Anda menggunakan cat khusus eksterior, misal dari merk cat tembok Catylac atau cat tembok Avitex.

Cat yang khusus untuk eksterior biasanya formulanya sudah dibuat untuk kepentingan bertahan dari cuaca maupun sinar matahari. Formula tersebut tentu berbeda dengan kandungan cat dalam ruangan. Cat eksterior biasanya juga di buat agar bisa mencegah pertumbuhan jamur atau lumut pada tembok Anda.

 

4. Cat saat Cuaca Cerah

Proses pengecatan akan berjalan dengan lebih baik jika Anda memilih waktu yang tepat. Pengecatan membutuhkan proses pengeringan yang cukup memakan waktu. Bisa dibayangkan jika Anda mengecat saat musim hujan, cat akan lama mengering dan hasil cat Anda juga rusak. Anda juga harus memastikan dinding yang akan Anda cat tidak basah atau lembab. Kondisi dinding yang tidak kering dapat menghalangi proses penyerapan cat ke dalam dinding.

 

5. Pakai Teknik Pengecatan yang Benar

Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan. Teknik pengecatan yang benar akan membuat permukaan tembok rata dan halus. Sebaliknya, pengecatan yang keliru membuat lapisan dinding jadi tidak halus dan warnanya tidak merata dengan baik.

Supaya hasil pengecatan memberi hasil yang maksimal. Anda bisa memulai pengecatan pada bagian yang paling sulit dahulu. Misalnya, Anda mulai mengecat dari dinding di bagian sudut serta dinding yang dekat dengan atap. Setelah Anda selesai mengecat bagian tersulit. Anda bisa melanjutkan ke bagian yang lebih mudah. Pastikan Anda mengecat dengan arah yang sama, supaya hasilnya halus dan rata.

Cat tembok yang bagus dan tahan lama, haruslah punya permukaan yang rata dan warna yang sesuai. Anda yang ingin mengecat sendiri rumah Anda. Anda bisa menerapkan cara yang sudah di sebutkan di atas. Anda harus memperhatikan kondisi dinding hingga cara pengecatan.