Ini Dia Parket Dinding yang Menjadi Pilihan yang Tepat

Jenis Parket yang Cocok untuk Dinding Interior dan eksterior Rumah

Parket atau lantai rumah ternyata bisa juga kita gunakan untuk kebutuhan interior dinding. Umumnya penggunaan parquet ini untuk meningkatkan nilai estetika interior maupun eksterior kita. Karena parquet memiliki nilai artistik yang tinggi. Material interior ini cocok juga untuk Anda yang suka dengan gaya desain natural dan sederhana, namun tampak elegan dan mewah.

Kayu sebagai tekstur dinding rumah Anda bisa digunakan juga pada plafond rumah. Dengan menempelkan parquet di dinding rumah, maka rumah Anda akan terkesan seperti terbuat dari kayu seutuhnya. Terlebih jika Anda menggunakan kualitas kayu terbaik dengan motif yang indah.

Bagi Anda yang ingin menggunakan parquet lantai untuk diaplikasikan pada dinding, simak berikut beberapa parquet yang cocok sebagai pilihan terbaik.

1. Parquet Dinding Kayu Solid

Parquet solid adalah jenis parquet terbaik karena terbuat dari bahan kayu yang terjamin 100% keasliannya. Ada banyak pilihan kayu yang biasa digunakan, mulai dari jati, merbau, mahoni dan berbagai jenis kayu lainnya. Untuk mengaplikasikannya, Anda harus siap mengeluarkan budget yang besar, baik untuk pembelian material hingga jasa pemasangan.

Budget yang dikeluarkan tentu sepadan dengan hasil yang didapatkan. Dinding ini mampu memberi kesan natural yang sempurna. Selain itu, motifnya elegan dan juga mewah.

 

2. Parquet Laminate

Mahalnya parquet solid bukan berarti tanpa solusi. Saat ini ada cukup banyak pabrikan yang menawarkan pilihan produk parquet murah seperti laminate. Harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis kayu solid yang telah kami paparkan di atas. Selain itu, cara pemasangannya pun mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Jika terjadi kerusakan atau Anda bosan, Anda bisa melepas dan menggantinya dengan motif yang baru. Karena, material ini tidak bersifat permanen.

 

3. Parquet Engineer

Selain laminate, parquet engineer adalah salah satu pilihan parquet murah. Parquet ini dibuat menggunakan bahan lapisan kayu yang diletakkan saling melintang. Bagian bawah parquet ini menggunakan jenis kayu ekonomis dan kayu yang bermotif indah pada bagian atas.

Selain harganya yang murah, kayu ini ramah terhadap lingkungan, tahan lembab, mudah dipasang dan bisa kita pasang untuk interior maupun eksterior rumah. Ketahanannya bisa bertahun-tahun terutama jika kita rajin merawatnya.

 

4. Parquet Vinyl

Pada dasarnya, vinyl bukanlah jenis parquet yang terbuat dari kayu asli. Vinyl semacam wallpaper tapi memiliki motif khas parquet yang indah. Vinyl bisa dijadikan sebagai solusi dinding yang paling murah di antara jenis-jenis parquet di atas. Pemasangan bisa Anda lakukan sendiri tanpa memerlukan bantuan siapa pun.

Motif kayu bisa Anda sesuaikan dengan keinginan, karena vinyl memiliki cukup banyak pilihan yang bisa Anda gunakan.

Berbagai pilihan parquet di atas adalah material-material yang kami urai dari yang paling mahal hingga yang paling murah. Harga yang ditawarkan tentu menyesuaikan dengan kualitasnya. Sebelum membelinya, siapkan budget Anda lalu pilihlah parquet mana yang sesuai dengan kebutuhan. Bagi yang memiliki dana tak terbatas, kami sarankan untuk memilih parquet solid karena kualitas dan motifnya jauh lebih baik.

Demikian penjelasan tentang parket untuk dinding interior dan eksterior rumah. Sebelum membelinya, ketahui terlebih dahulu ukuran rumah Anda yang akan diaplikasikan parquet kemudian pilih tempat yang tepat untuk membelinya. Jika Anda memilih parquet solid, jangan lupa untuk menggunakan jasa yang berpengalaman dalam pemasangannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Mintalah solusi pola pemasangan yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan konsep desain rumah Anda.