Apa Kelebihan dan Kekurangan Bata Hebel ? Simak Jawabannya di sini

Mengenal Lebih Dekat Bata Hebel yang Jadi Favorit, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Dalam sebuah hunian yang diutamakan adalah kenyamanan. Salah satu yang membuat nyaman adalah kondisi rumah apakah terasa sejuk atau cenderung panas.

Untuk membuat kondisi rumah terasa nyaman, kadang kala dipilih bahan-bahan yang berkualitas. Baik untuk interior atau eksterior. Bahan yang sering jadi perhatian adalah bahan yang digunakan untuk dinding rumah.

Salah dalam pemilihan bahan dinding akan membuat rumah terasa tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut dipilihlah bahan yang berkualitas. Salah satunya adalah bata hebel yang mulai jadi bahan favorit untuk dinding rumah atau bangunan lain.

Bata yang juga dinamakan bata ringan ini juga banyak digunakan pada bangunan dengan konstruksi tinggi karena punya banyak kelebihan.

Membicarakan kelebihannya, berikut akan dipaparkan secara gamblang beberapa kelebihan serta kekurangan bata jenis ini;

Kelebihan bata hebel:

  1. Bobot Lebih Ringan

Bata yang merupakan pengganti dari batu bata merah dan juga batako press ini adalah material bangunan yang dibuat di pabrik dengan sifat yang lebih halus, ringan dan lebih rata. Karena sifatnya yang ringan inilah banyak bangunan dengan struktur tinggi lebih menyukai bata ini. selain itu pemasangannya juga lebih mudah tanpa harus diplester.

  1. Lebih Rapi

Kelebihan lain dari bata ini adalah kerapiannya. Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa buatan pabrik tentu akan mendapatkan presisi yang lebih rapi dibandingkan dengan buatan manual.

  1. Ketahanan Cukup baik

Dibandingkan dengan jenis dinding bata yang lain, bata jenis ini punya ketahanan yang lebih baik karena ringan.  Ketahanannya ini juga baik untuk daerah yang rawan gempa karena kemungkinan ambruk lebih kecil dibanding bata merah.

  1. Kedap Suara

Keunggulan lain adalah bata ini lebih kedap suara hingga akan menjaga privasi di dalam rumah. Beda dengan bata lain yang kadang menimbulkan gaung suara yang keras.

  1. Kedap air

Tidak hanya kedap suara, bata ini juga kedap air hingga menjaga adanya kemungkinan rembesan air dalam dinding sangat kecil.

  1. Pemasangan Lebih Cepat

Karena sifatnya yang ringan, bata ini lebih mudah dalam pemasangannya. Hal ini tentu akan menghemat waktu dalam pembuatan dinding rumah.

  1. Tahan Terhadap Api

Keunggulan yang terakhir adalah bahwa bata ini ternyata juga tahan terhadap api. Jadi tidak salah jika pada akhirnya banyak yang beralih menggunakan bata ini meski harganya relatif mahal.

Kekurangan bata hebel:

Tidak hanya mempunyai kelebihan, batako ringan yang kini menjadi favorit ternyata juga punya kekurangan yaitu:

  1. Harga Mahal

Berbeda dengan buatan manual yang lebih murah, bata yang diproduksi di pabrik dengan proses kimiawi ini mempunyai harga yang lebih mahal. Hal tersebut wajar karena presisi dari bata ini lebih rapi, serta bahannya yang ringan hingga banyak yang mencarinya meski harganya mahal.

  1. Pembelian Jumlah Banyak

Tidak seperti bata lainnya yang bisa dibeli dalam jumlah kecil, untuk mendapatkan bata ini harus membeli dalam jumlah besar. Oleh karena itu harus benar-benar diperhitungkan berapa jumlah bata yang dibutuhkan.

  1. Butuh Perekat Khusus

Jika pada batu bata merah atau batako yang tidak butuh perekat khusus, berbeda dengan bata ini yang butuh perekat yang berupa semen instan yang mudah ditemukan di pasaran

  1. Ukuran Besar

Dibandingkan dengan ukuran bata merah yang kecil-kecil, bata ini mempunyai ukuran yang besar. Hingga jika ada ruangan yang butuh sedikit, Anda harus memotongnya terlebih dahulu.

  1. Susah Didapatkan

Karena dibuat di pabrik, menyebabkan bata hebel ini tidak mudah didapatkan di pasaran. Tidak semua toko bahan bangunan akan menyediakan bata jenis ini.

  1. Butuh Keahlian Khusus

Dibuat secara khusus di pabrik serta sifatnya yang sedikit berbeda dengan bata merah yang lebih praktis, dalam pemasangannya dibutuhkan tenaga khusus yang ahli dalam pemasangan bata ini agar terlihat lebih rapi.

Semoga dari penjelasan tentang bata hebel di atas dapat membantu Anda untuk memilih  bahan bangunan yang berkualitas untuk hunian Anda